/ Technical

Tips dan Kunci Utama menguasai Inkscape

setelah saya merasa suduh cukup terbiasa menggunakan inkscape sebagai vector grapich maker saya, saya ingin share pengalaman dan apa yg saya pelajari tentang inkscape. mahir disini sebenarnya bukan apa-apa. mahir disini dalam arti paham bagaimana cara menggunakan dengan mudah. masalah hasil, bagus atau tidaknya kreativitas anda lah yg menentukan. dimulai pada sebuah perintah untuk membuat desain sistem operasi Tea linux OS 2.0 dengan menggunakan inkscape. saya dengan serius dan sedikit terpaksa mati2an belajar dan ingin menguasai inkscape. walhasil saya bisa berfikir bahwa inkscape bisa memuaskan hasil desain saya.

inilah beberapa tips dan kunci utama apabila anda memulai menggunakan inkscape.

  1. mulailah dengan langsung membuat sebuah object  (desain) yg Terencana.

apabila anda masih dalam kategori membiasakan (memulai atau belajar) menggunakan inkscape, mulailah dengan membuka inkscape, setelah anda punya konsep yang jelas mengenai desain yg ingin anda buat. hal ini akan mempermudah memahami tools2 dan penggunaanya pada inkscape. karena anda sudah tau apa yg anda butuhkan dan apa yg nantinya akan dihasilkan. hal ini akan sangat mempengaruhi hasil belajar anda. INI PENTING, karena anda sudah punya target dan konsep. daripada anda belajar tanpa target dan konsep.

2.  kenali karakteristik inkscape

ini adalah beberapa karakteristik inkscape yg saya tangkap. semoga bisa mempermudah anda belajar dan memahami inkscape lebih cepat daripada saya.

a. Tools disamping kiri layar kerja (gambar samping) adalah tools utama inkscape, dimana ini akan menjadi tool pokok yg akan selalu anda gunakan. dan apabila anda menggunakan salah satu dari tool2 tersebut akan otomatis mengubah bentuk kursor anda. kursor default adalah tool seleksi. (lihat gambar samping)

tool2 yg sering saya gunakan adalah:

  • handles tool, lokasi tepat dibawah tool seleksi (tool defaut), berfungsi untuk mengedit garis, kurva, path, lengkugan, titik sudut, dan lain2.

  • line tool (icon berbentuk pencil) dan pen tool (tepat dibawah line tool), ini adalah tool yg dipergunakan untuk membuat garis (line tool) dan sembarang bidang (pen tool). pen tool akan berhenti membuat garis jika baris tersebut sudah membentuk bangun (semua sisi terhubung), atau kita doubleclick kursor. tool ini sangat amat sering saya pakai karena bisa bembuat sembarang bangun, kemudian kita edit lokasi titik2nya atau lengkungannya menggunakan handle tool.

-teks, untuk memasukkan teks, klik pada ikon berbentuk huruf A.

-tools berbentuk persegi, balok, dan lingkaran, segilima merupakan tools bangun dasar yg disediakan inkscape.

b. warna

untuk menentukan warna klik warna standart yg sudah ada di panel warna dibawah layar kerja maupun kotak fill and stroke di pojok kiri bawah. (lihat gambar dibawah)fill untuk mengedit warna dalam bangun, sedangkan stroke adalah pewarnaan garisnya.

c. sortcut

berikut adalah beberapa sortcut yg sering saya pakai.

  • ctrl + scroll (digunakan untuk zoom layar kerja)

  • pg up, pg dn, home, end (digunakan untuk memindahkan layer ke luar, dalam, terluar, terdalam -ini menunjukkan mana bangun terluar atau terdalam-)

  • ctrl + g (grub -mengelompokkan beberapa bangun-)

  • ctrl + u (ungrub -memecah pengelompokan-)

  • ctrl + i (import gambar)

  • ctrl + shft + e (export gambar)

  1. jangan menggunakan aplikasi desain vektor lain.

ketika anda masih dalam kategori belajar menggunakan inkscape, jangan menggunakan aplikasi design vektor lain yg sudah sering anda gunakan sebelumnya (misal, corel draw), ini akan mempersulit proses pemahaman, karena anda  konsentrasi  pada 2 karakteristik software yg berbeda. hal lain yg mempengaruhi sulitnya anda menguasai inkscape adalah berfikir "ketika tidak bisa menggunakan inkscape saya akan pakai corel aja". ini sangat manghambat. buatlah seolah2 anda sudah tidak membutuhkan software tersebut dan mulai berfikir semuanya bisa bisa dilakukan oleh inkscape. dan mencari solusi apabila ada permasalahan yg tidak bisa anda selesaikan menggunakan inkscape.

dukung terus perkembangan software open source. thx to DOSCOM.