/ Essai

Tentang SEO pada Web Development

SEO atau search engine optimization memang bukan bahasan baru, lebih dari 10 tahun silam ini udah populer, dimana orang orang ingin mendapat ranking tinggi untuk halaman websitenya sehingga dia mendapat urutan di mesin pencari diatas. jika urutan di mesin pencari menjadi urutan atas, maka potensi untuk dilihat user menjadi lebih besar lagi. kalo dilihat user semakin banyak akan diatas terus. kaya ayam dan telor ya ? :D

sebenernya saya sendiri nggak begitu konsern pada SEO, khususnya tentang trik trik khusus supaya bikin SEO bagus dan lain sebagainya. jadi dalam tulisan ini tidak akan membahas hal hal seperti paid link, content hiding, cloaking, stuffing, atau spam link. karena juga nggak disarankan.

main objective dari SEO sebenernya adalah optimasi web sendiri, dimana informasi yang ada didalamnya bisa di ekstrak dengan cepat dan relevan oleh web crawler. karena pada ahirnya web yg terlalu rame (banyak sampah didalamnya) tentu akan menghasilkan hasil pencarial yang tidak relevan pada search engine pada ahirnya. sedangkan web crawler, indexing dan scoring yang dilakukan oleh search engine akan melakukan pengembangan terus menerus untuk menghasilkan hasil pencarian yang paling relevan, untuk menghindari hasil pencarian yang menggunakan spamming dll diatas.

menurut saya, SEO itu simple. untuk web developer yang perlu dilakukan adalah perapihan konten, struktur web, pembuatan url, pemberian meta tag yang relevan pada halaman dan content media seperti image, audio dan video, penggunaan section section yang tepat untuk tau mana yang judul, mana yang sidebar, mana header, mana footer, mana ads, dan lain lain.

nah, kalo kita adalah develope yang membuat CMS sendiri, sebaiknya disertakan fitur-fitur yang bisa membuat CMS dengan standar diatas, seperti membuat setiap halaman bisa diberi tag yg relevan, media yang diupload pun demikian, peletakan judul harus didalam tag <h1>. sampai <h6> dan lain sebagainya. saya rasa CMS opensource seperti wordpress, blogger, drupal, dll pasti sudah menerapkan hal tersebut.

Jika dari sisi developer sudah menerapkan standar pembuatan web yang rapi dan search engine friendly, tinggal kedepannya content writer / editor, lah yg bertugas untuk mengikuti standar aturan pembuatan judul yang baik, penulisan kontent yang baik, melakukan interaksi dengan pembaca yang memberi komentar, dan lain sebagainya.

simple kan ?

hal hal tentang SEO ini bisa dilihat dari infografis dibawah.

 

An Easy Guide to SEO From Visually.

*ditulis berdasarkan hasil teknical discussion mingguan GDILab / GNEWS

SEO by @vincen_adi

karna saya harus nulis, jadi saya tulis. :D