/ Technical

Inkscape lebih powerfull daripada corel

Untuk seorang designer, software design akan sangat mendarah daging untuk mereka, selama ini designer selalu mendandalkan software berbayar seperti corel draw dan photoshop. hal ini tentu sangat wajar mengingat mereka adalah software yg mahal dan pemakaiannya sangat friendly user. tentu saja ini diimbangi dengan harga yg mahal itu, meskipun sebagian besar usernya (di indonesia) memakai produknya secara ilegal.

hal ini sangat merugikan disisi pemakaian yg didak bisa terbuka lebar (menghindari razia) dan tentu merupakan sebuah dosa karena menggunakan sesuatu yg ilegal. saya sendiri dulu seringkali memakai software semacam itu, namun, karena saya dihadapkan pada sebuah dunia open source tentu sebagai designer saya merasa kesulitan meninggalkan software2 tersebut. setelah kemudian saya menemukan software designer yg open source. yaitu GIMP dan Inkscape . GIMP sebagai aplikasi design berbasis grafik sedangkan Inkscape berbasis vector.

inilah beberapa alasan kenapa saya menganggap inkscape lebih powerfull.

  1. instalasi font yg mudah.

di sistem operasi linux, untuk instalasi font lebih mudah. yaitu dengan double click font ttf yg kita punyai lalu tekan install. dan ini akan otomatis terintall di inkscape, karna pada dasarnya inkscape bisa mendeteksi font yg terinstal di sistem.

  1. komponen warna yg lebih kaya,

sebenarnya inkscape punya komponen warna yg lebih kaya. kita bisa menset sendiri susunan warna yg kita pilih dengan panel warnanya maupun dengan kombinasi hexa desimal untuk masing2 warna.

  1. gradasi yg cermat

kelebihan inkscace yg lain dan sangat mencolok adalah pada tools gradien yg dapat kita cutom sesuai dengan garis bisa menambah warna sesuai dengan yg kita mau sebanyak2nya.

  1. oppacity dan blur

kita bisa mengatur tingkat opasitas dan blur sesuai dengan intensitasnya. berupa rentang antara 0-100. ini menyebabkan warna2 di inkscape semakin berfariasi.

  1. bisa melakukan apa yg corel bisa

menurut saya inkscape sudah bisa melakukan apa saya yg corel bisa, baik tracing, shadow, dan fasilitas2 corel lain. kecuali multipage. karena di inkscape belum bisa multipage.

  1. Gratis

ternyata untuk ukuran software yg powerfull ini bisa kita dapatkan cuma2. bisa kita kembangkan maupun kita sebarluaskan.

mungkin itu sekilas dari apa yg saya fikir merupakan kelebihan inkscape daripada corel draw. kalo anda merasa kesulitan, bukan karna inkscape yg susah dipelajari. namun, anda kurang terbiasa saja menggunakannya. dukung terus perkembangan software open source. stop pembajakan software.

thx.