/ Essai

Tentang Kemana Saja Saya Selama Ini

pagi ini seharusnya saya sudah tidur dan menjalahi dunia mimpi, tapi entah kenapa mata ini nggak bisa terpejam. dan disela sela lamunan menjelang tidur (diantara beberapa lamunan nggak penting) saya jadi inget kalo udah lama banget ternyata nggak ngeblog. apa kabar ini? pendek cerita, jadi ini tak terasa ternyata sudah hampir 2 tahun saya nggak ngeblog. bahkan nggak inget buat bukanya. sempet juga tadi sebelum login harus klik tombol "forget password". bener bener udah jadi blogger lupa password . :) jadi kemana saja saya selama ini?

postingan terahir saya 2 tahun yg lalu dan sebelumnya adalah seputar aktifitas ngoprek (baca:riset) tentang aktifitas saya sebagai mahasiswa teknik informatika. itupun nggak banyak. buat saya yang nggak begitu hobi menulis, meluangkan waktu buat nulis adalah hal yang berat, betul. saya sering menganggap bahwa (karna saya tidak hobi menulis dan nggak begitu bisa bikin tulisan yang bagus) maka buat apa saya susah susah nulis kalo nantinya tulisan saya jelek dan bikin malu pas dibaca orang. namun, kadang saya juga jadi nyesel karna banyak yang sudah saya fikirkan jadi hilang karna saya nggak menulisnya.

kalo diinget2 ternyata banyak hal yang terjadi 2 tahun ini, 2 tahun lalu saya adalah seorang mahasiswa yang hobi ngampus, bukan buat ngikutin pelajaran kampus, lebih tepatnya buat nongkrong di kampus. karna di kampus saya jadi punya banyak temen, update informasi di komunitas, bisa ikutan acara makan makan, dan lain-lain. dan itu adalah semester ke 6 saya kuliah. 2 tahun ini tentu banyak hal yang saya lalui. beberapa (jika dipikir dengan baik) pasti akan memberikan pelajaran yang berarti buat saya. jadi dengan tulisan ini saya akan berusaha mengingat apa yang sudah saya lalui selama itu, apa yang terlewatkan, dan apa yang akan membuat saya lebih baik saat ini.

jadi, di subuh ini saya memutuskan untuk memulai menulis segala sesuatunya disini. baik itu tentang seputar aktifitas saya, apa yang saya fikirkan, dan apapun yang saya fikir akan saya butuhkan suatu saat nanti untuk memperbaharui otak saya. karna di otak ini, apa yang (sudah) bukan menjadi prioritas. akan digantikan oleh hal yang lebih prior. walopun sebenernya saya memiliki masalah dengan yang namanya prioritas.

tenang saja, sekarangpun saya masih mahasiswa. cuman jenjangnya saja yang berbeda. beberapa bulan lalu saya sudah menyelesaikan studi saya di tingkat sarjana, menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi bagi orang desa seperti saya tentu dihadapkan pada tuntutan tuntutan hidup yang besar. dengan tuntutan tersebut, kenapa saya melanjutkan studi dan tidak langsung saja bekerja di perusahaan akan saya ceritakan di lain waktu. juga tentang apa saja yang saya alami.

yang jelas, selama ini saya sedang belajar tentang bagaimana seharusnya hidup itu berputar. tentang apakah keputusan keputusan saya benar atau salah, tentang apakah keputusan itu harus cepat atau harus matang, dan apakah yang cepat itu tepat atau cenderung tergesa gesa, apakah kesempatan akan hilang kalo kita terlambat atau akan hilang juga kalau kita terburu buru, tentang apakah sebaiknya kita melupakan hal2 yang sudah terjadi dan melanjutkan hidup ato sebaiknya kita mengingat apa yang sedah terjadi untuk memperbaki hidup. tentang apakah banyak berfikir itu bagus, atau banyak yang dikerjakan jauh lebih bagus. dan pagi ini pertanyaan itu membuat saya tidak bisa tidur setelah terjaga semalaman.

diumur saya sekarang (22 tahun) --kata orang-orang, dan saya percaya itu-- merupakan umur yang paling menentukan dalam hidup. dimana kita harus berfikir dengan benar, mengambil keputusan dengan benar, dan melakukan sesuatu dengan benar. ketika saya menulis ini saya jadi ingat bahwa banyak yang sebenernya telah saya lalui dengan salah. artinya keputusan yang saya ambil salah, dan jalan berfikir dalam mengambilnya salah.

memang telah banyak yang terjadi setelah 2 tahun ini, tapi akan lebih banyak lagi yang akan terjadi besok. jadi saya memutuskan untuk mengingat apa yang seharusnya saya ingat, dan melupakan apa yang seharusnya saya lupakan. meskipun sebenernya saya juga nggak yakin dengan item item didalamnya.

bismillah. semoga ini menjadi awal yang baik buat saya, dan anda tentunya. khususnya kalo anda memiliki umur yang tidak terpaut jauh dengan saya. kalo kata pepatah tidak ada kata terlambat, berarti pepatah tau akan ada kesempatan baru yang akan datang. mungkin sebaiknya saya percaya itu.

aah. semoga tulisan ini bisa bikin saya ngantuk dan tidur.

salam.