/ Technical

Meningkatkan UI design dengan Typography yang Baik

Pada sharing session di GDILab tempo lalu yang disampaikan oleh Pak Rozi, designer YOT, menjelaskan tentang pentingnya typography dalam desain. dia menjelaskan tipe-tipe font, gimana kalo dirangkai jadi tulisan, ada anomali atau tidak didalamnya, penggunaan line spacing, tulisannya memiliki tekanan atau tidak. hal-hal yang saya ngga gitu saya perhatikan dan ngga gitu mudeng juga sebenernya.

Mengoptimalkan tipografi adalah mengoptimalkan pembacaan, aksesibilitas, kegunaan, Keseimbangan grafis secara keseluruhan. Pengorganisasian blok teks dan menggabungkannya dengan gambar. Bukankah hal tersebut adalah apa yang graphic designer, UX designer, information architects lakukan?

Sebagian orang yang mengabaikan unsur pentingnya typography (termasuk gue) karena alasan typeface (font) yang terbatas, atau mediun resolusi yang rendah, padahal menurutnya typographer harusnya tidak bergantung pada banyaknya type font yang dia punya, melainkan dia harus bisa menggunakan font yang ada dengan sesuai. karna typografi juga bukan tentang memilih font, melainkan tentang menempatkan text sebagai bagian penting dari user interface, sehingga memilih font juga termasuk didalamnya.

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan UI menggunakan Typography.

Size text up and down

Sebagian besar user interface memerlukan element dalam beberapa ukuran. jadi kita harus melakukan testing text dalam beberapa medium. terlebih lagi untuk web sekarang banyak diimplement responsive design. atau desing pada android yang dia memiliki ratusan ukuran layar yang berbeda. misal kita membuat desing di resulusi layar 1024x768 apa yang terjadi jika diimplement di ukuran 800x600 apakah penggunaan font, penempatan text, penggunaan jarak antar element text nya masih bagus ? kalau belum maka perlu dilakukan penyesuaian lagi.

Consider Scenarios

Untuk mendesain text yang digunakan untuk User Inteface, gunakan beberapa skenario, misalnya adalah, bagaimana jika text tersebut muncul pada alert dialog, yang seharusnya terlihat lebih menyita perhatian. atau bagaimana penggunaan text pada side bar segingga tidak mengganggu konten utama, atau header footer. penempatan setting text yg baik juga akan menentukan arah mata user saat melihatnya, apa yang akan dia lihat pertama kali dan apa yang kita harap user akan lihat terahir kali. apakah informasi tersebut tersampaikan atau tidak juga dapat dipengaruhi oleh setting text yang baik. UI yang baik adalah tercapainya tujuan dari Aplikasi dan dapat diimplementasikan secara adaptive pada semua event yang diberikan.

Use Actual Copy

Ketika kita sudah membuat design text yang scalable dan dapat diimplementasikan pada semua keadaan / scenario, maka kemudian penting sekali penggunaan kontent asli dalam desain tersebut apakah sesuai atau tidak. kadang "lorem ipsum" memang beguna sekali untuk mensimulasikan design, cuman dalam beberapa situasi kita harus menampilkan design sesuai dengan karakter apa yg tertulis didalamnya. misal kita menggunakan typeface / font untuk kata-kata yg enerjik akan berbeda jika menggunakannya untuk kata-kata yang lembut. penggunaan typografi yang baik akan meningkatkan pesan yang ada pada kontentnya. dan pemilihan kata-kata pun juga tidak kalah penting karna text / kontent juga merupakan bagian dari user interface.

Ask for an Opinion (or Two)

Ketika mendesain UI, menurut kita, kadang kata-kata yang disampaikan oleh text, tidak sesuai dengan maksud dari UI, itu berarti ada aspek desain yang tidak jelas untuk sebagian besar orang, maka UI tersebut perlu diuji kepada orang lain, terutama yang tidak familiar. untuk memastikan bahwa text yg ada sudah jelas untuk semua orang.

Test on the Actual Medium

Ini sederhana, namun seringkali diabaikan, jika kita mendesain UI untuk platform mobile, kita harus mengetenya menggunakan mobile, ketika kita membuat design yang responsive kita perlu membuatnya berbagai ukuran dan mengetesnya pada beberapa platform tersebut. tentu saja pengetesan ini dilakukan sebelum desain tersebut diimplementasikan oleh developer, bukan menunggu hasil yang setelah diimplementasikan kemudian memberikan revisi.

Nah, itu tips meningkatkan design UI dari penggunaan typography yg baik, selain apa yang disampaikan di acara sharing session oleh Pak Rozi, sebagian besar saya ambil dari sini. semoga bermanfaat.