/ Technical

edit file dokumen .pdf dengan inkscape

pada kesempatan ini, saya akan bahas tentang bagaimana kita edit file pdf. oke FYI, pdf adalah portable document format, sebuah format dokumen yang di buat oleh adobe pada 1993 yang berisikan text, citra dan vector. biasanya kita membuat file dokumen kita berformat pdf dengan tujuan agar dokumen kita paten dan tidak bisa dirubah. untuk membuat file .pdf sendiri di linux sangatlah mudah. fitur di open office sudah mendukung export ke file .pdf secara langsung. lantas, bagaimana untuk merubahnya?

kalau merubah itu sebatas mengkopi text dan kemudian kita paste di aplikasi word processor seperi open office atau abiword, kita hanya perlu membuakanya di Reader, kemudian kita copy text yang ingin kita copy tersebut ke software pemprosesan text. nah, permasalahnya bagaimana jika kita membutuhkan grafik chart , tabel, atau embedded gambar, maupun, desain layout  di dalamnya?

sebenarnya sih ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengedit atau meng konfersi file .pdf tersebut kedalam bentuk .doc (microsoft office word document format). namun, karena kebanyakan adalah propietary dan windows based banget. bagi kita pengguna linux dan opensource tentu mengalami kesulitan. nah, kita akan memanfaat software open source untuk editing vector grafis untuk mengeditnya. tidah sebatas untuk mengcopy text yang ada di dalamnya.namun, kita juga bisa memanipulasi grafis, table, grafik, dan desain dari pdf yang sudah jadi tersebut. yang kita perlukan adalah inkscape.

inkscape sudah memberikan fitur untuk membuka file pdf untuk kita edit. caranya hanya dengan file -> open -> documen.pdf pada document pdf kita, maka kita akan di hadapkan pada dialog box seperti ini.

inkscape akan secara otomatis mendeteksi jumlah halaman .pdf anda, kemudia di pilihan page setting, anda hanya memilih halaman mana yang akan di edit. namun, kekurangan dari halaman kerja inkscape yang belum mendukung multipage, saya tidak menyarankan anda untuk melakukan save kembali terhadap documen yang anda edit diatas pada file yang sama. karena akan tertimpa dengan file yang anda edit hanya satu halaman tersebut.

yang saya sarankan adalah, ketika anda hendak meng copy dan mengedit apa yang ada di dalamnya, lakukan save as pada halaman baru. baik, dengan ini anda sudah bisa membongkar file pdf anda dan mengambil apa yang tersimpan di dokumen tersebut. ini adalah contoh saat saya mengambil file gambar di dalah dokumen .pdf yang sebenarnya sudah di timpa oleh vektor vektor lain.

nah, sekian sharing dari saya kali ini. semoga bermanfaat. ayo terus dukung perkembangan open source software.. :-)