/ Technical

Aktifkan Usb Support di Virtualbox

sebelumnya teman-teman selalu merekomendasikan VM-Ware sebagai virtual machine yang dapat mendeteksi keberadaan device usb kita. namun, karena vmware adalah software berbayar (sekalipun bisa diinstall di linux). maka saya mencari solusi opensource nya menggunakan virtualbox. nah, setelah saya ubek-ubek di forum, ahirnya virtualbox saya dapat mendeteksi dan mengakses usb device seperti halnya VM-ware. nah, inilah screenshot nya.

nah, caranya cukup mudah. sebelumnya anda harus mendownload virtualbox nya disini. jika anda menggunakan virtualbox dari repositori ubuntu, maka anda harus menggantinya dengan ini. karena vertualbox di repository ubuntu adalah OSE version yang tidak mensupport USB.

disini anda bisa download versi .deb untuk platform ubuntu, atau versi .run untuk semua platform linux. saya sendiri mendownload yang all distribution yang ber-extensi .run. setelah itu install.

cd /lokasi_download

./VirtualBox-4.0.2-69518-Linux_x86.run

nah, setelah anda berhasil mengistall, anda bisa menggunakan virtualbox tersebut. namun, untuk menambahkan vitur usb nya anda perlu menambahkan extensi virtualbox. anda bisa mendownloadnya disini. sesuaikan dengan versi virtualbox yang anda download, kemudia download file ber-extensi .vbox-extpack. seperti ini untuk virtualbox saya yang berversi 4.0.2.

Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.0.2-69518.vbox-extpack

 

setelah itu buka virtual box dan menuju ke File -> Preferences -> dan pilih Extension dan tambahkan extension disitu.

pilih file yang anda download tadi, kemudian install.

yang terahir adalah adalah menyeting group dari vbox user caranya anda bisa menuju system->Administration->User and Group-> Manage Group -> cari "vboxuser" -> pilih properties. -> beri tanda centang pada user anda.

atau anda bisa melakukan lewat terminal dengan cara

gedit /etc/group

cari vboxuser dan tambahkan user anda seperti ini

vboxusers:x:1001:badak

setelah itu logout dan login kembali.

jangan lupa menambahkan usb anda di virtualmachine virtualbox yang ingin anda jalankan dengancara Setting -> usb

tambahkan usb yang akan anda proses disana.

nah, anda bisa langsung menjalankan virtual machine  anda. selamat mencoba.. :-)